Jumat, 27 Juli 2012

Puding Cokelat

Bagaimana kabar sahabat semua? Masih puasa kan? Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang beragama Islam. Semoga puasanya lancar sampai akhir nanti. Blog Mata Hati kali ini akan menambah satu Label lagi yaitu “Dapur Kita”. Label ini nantinya saya rancang khusus pembahasan tentang resep-resep makanan. Nah, khususnya ditujukan untuk pembaca dari kalangan ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri, biar betah “dolan” di blog ini:-)
Sebagai resep awal akan saya bahas tentang pembuatan puding cokelat.

Sssst…Anak saya Dinnaila saat saya buatkan puding cokelat ini senang banget, sampai nambah-nambah terus. Bagaimana cara membuat pudding cokelat? Mari kita pelajari, mudah kok.

Sahabat, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. 15 gr coklat bubuk
2. 700 ml air
3. 1/4 sdt garam
4. 1 bungkus agar-agar coklat
5. 1 kaleng susu kental manis

Jika sahabat menginginkan pakai saus, maka otomatis tambah bahan-bahan sebagai berikut.

1. 250 ml susu cair
2. 50 gr gula pasir
3. 3 sdt tepung meizena
4. 1 kuning telur


Saat saya mencoba resep ini saya beli semua bahan dari pasar tradisional yaitu di pasar Mojosongo (promosi, hehe). Saya sendiri memang untuk bahan-bahan tertentu lebih senang belanja di pasar tradisional daripada di mall. Selain harganya lebih miring juga memberikan keuntungan untuk rakyat kecil, agar pasar tradisional selalu exist. Kalo mall kebanyakan profit bukan untuk rakyat tapi untuk mereka yang sudah berkantong tebal. Saya setuju kalo di Solo ada pembatasan pembangunan mall. Kok malah bablas mbahas mall? Loh:-)

Nah, lanjut ya, terus gimana cara membuat puding cokelat? Ikuti langkah-langkahnya ya.

1. Campur susu kental manis dan air, aduk.
2. Tambahkan agar, coklat bubuk dan garam, aduk hingga coklat larut.
3. Rebus sambil diaduk hingga mendidih, angkat dan tuang ke dalam cetakan.
4. Saus : Aduk susu, gula, dan tepung, lalu masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan kuning telur sambil diaduk hingga masak. Angkat dan dinginkan.
5. Sajikan puding dengan siraman saus setelah puding dingin.


Tips bagi yang punya anak kecil, sebaiknya gunakan cetakan yang berbentuk menarik seperti bentuk aneka boneka, hewan, dan sebagainya. Sebaiknya pula pilih bahan cetakan yang aman ya.

Oke, sampai di sini dulu ya, pudding cokelatnya, semoga bisa bermanfaat. Selamat beraktivitas, Salam Semangat!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar