Senin, 17 September 2012

Kulit Jeruk Pembersih Perabot


Tadi pagi saat momong anak, rencana buatin kapal-kapalan dari koran bekas. Eh kok ada tulisan menarik di koran bekas tersebut.  Saya baca sampai tuntas, sesekali diroyok mau disobek-sobek sama si kecil, hehe. Judul  tulisannya “Kulit Jeruk Bersihkan Perabot” oleh Ahmad Hartanto. Bagaimana pembahasannya? Simak yuk.

Semua tahu jeruk dong. Jeruk dipenuhi protein yang sehat, nutrisi dan vitamin. Buah-buahan seperti jeruk lemon, jeruk, jeruk nipis, anggur dapat digunakan menurunkan berat badan dan menjaga kondisi tubuh tetap sehat. (Wah kalo untuk fungsi penurunan berat badan, saya nggak butuh saat ini, karena saya sudah langsing, he he )


  
Sumber gambar: vemale.com 


Ada banyak manfaat lebih dari buah jeruk. Baik itu untuk kulit, atau untuk membersihkan rumah. Kulit atau pulp buah jeruk juga dapat digunakan untuk keperluan lain. Kulit buah atau pulp jeruk dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga, salah satunya untuk membersihkan peralatan dapaur, noda pada logam, panel kaca dan meja. Caranya yaitu kulit jeruk kering digiling menjadi bubuk, lalu tambahkan beberapa tetes cuka putih dan siap digunakan. Manfaat lainnya yaitu menghilangkan noda membandel dari pakaian berwarna terang.

Bagi yang sensitif dengan pengharum ruangan memakai jeruk sintesis, bisa menggunakan jeruk asli. Caranya, kulit jeruk juga direbus dengan sedikit air dan semprotkan sebagai penyegar udara atau ruangan. Kulit jeruk juga mengurangi bau tajam yang kuat. Selain itu, letakkan kulit jeruk di lemari untuk mengusir ngengat.

Buah kedua adalah jeruk lemon. Kulit buah jenis satu ini dapat digunakan untuk membersihkan tembaga dan pajangan logam kuningan dan barang-barang hiasan yang kotor. Bahkan jenis peralatan dari plastik, tupperware, pintu kaca dan jendela, noda karat dari logam besi dapat dibersihkan dengan kulit lemon. Kulit lemon juga dapat membersihkan noda pada pakaian dan sepatu kain.


Sumber gambar: sayhitohenny.blogdetik.com

Gosokkan irisan lemon segar pada talenan untuk membersihkan dan membunuh kuman. Manfaat lainnya yaitu kulit ditambah tetesan perasan lemon membuat pakaian wangi. Usai memasak, biasanya telapak tangan kotor dan bau. Maka gosokkan irisan lemon pada telapak tangan untuk menyingkirkan bau bawang merah, bawang putih, ikan atau ayam setelah memasak. Usai digunakan, buanglah kulit lemon pada tempat sampah untuk mencegah bau.

Buah lainnya yang bisa difungsikan untuk membersihkan rumah adalah jeruk Bali. Jeruk jenis ini umumnya dimanfaatkan kulitnya untuk scrub wajah. Buah ini ternyata juga mampu untuk membersihkan perabot rumah tangga. Caranya dengan mengeringkan kulit jeruk Bali, lalu campurkan dengan garam.

Sumber gambar: cafeberita.com

Campuran ini dapat digunakan sebagai pembersih logam seperti besi, baja, kuningan, marmer. Noda air di lantai marmer dan bak mandi dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih jeruk buatan sendiri. Campurkan kulit jeruk Bali atau perasannya dengan cuka putih dapat difungsikan membersihkan lantai bernoda.

Nah, semoga bahasan tentang “Kulit Jeruk Pembersih Perabot“ kali ini berguna bagi para remaja putri, ibu-ibu rumah tangga, dan yang lain. See ya ;D






Tidak ada komentar:

Posting Komentar