Jumat, 18 Mei 2012

Tips Menentukan Nama Domain

Tips menentukan nama domain pada posting kali ini adalah mengajak Sahabat semua berkenalan dengan saya, ups enggak dink, berkenalan dengan Google Keyword Tool, hehe.. Ku selipkan tulisan ini di tengah menumpuknya kerjaan kantor, mumpung ada inspirasi, saya tulislah untuk mengendorkan otak.
Untuk mengetahui kata kunci yang Sahabat kejar ada pencarinya atau tidak, kita bisa menggunakan Google Keyword Tool. Caranya bukalah situs ini: adword.google.com/select/KeywordToolExternal
Tuliskan kata kunci yang sahabat ingin cari. Sebagai contoh, sahabat bermaksud membuat blog yang berkaitan dengan bisnis internet dalam cakupan wilayah Indonesia. Maka sahabat menggunakan kata kunci “bisnis internet“
Ketiklah kata “bisnis internet” pada Word or phrase. Lokasi dan bahasa pilihlah negara Indonesia dan bahasa Indonesia. Setelah itu, isilah sebuah kode karakter yang berwarna hitam. Klik Search.
Beberapa saat kemudian akan muncul hasil seperti gambar di bawah ini:
Dari hasil pencarian kata kunci bisnis internet digunakan 22.200 kali per bulan dalam pencarian lokal, dengan tingkat kompetensi medium.
Nah, selanjutnya apa yang kita lakukan? Dari hasil riset kecil-kecilan lewat Google Keyword Tool di atas, kita mengetahui kata bisnis internet banyak dicari orang lewat google. Maka jika sahabat ingin membuat website/blog gunakan kata “bisnis” dan “internet” untuk nama domainnya. Contohnya: www.bisnis-internet.com www.bisnisinternet.net www.bisnisinternet.com Jika semisal nama-nama domain di atas sudah dipakai orang, maka sahabat bisa melakukan kombinasi, misalnya saja www.bisnisinternet.sip.com atau www.bisnis-internet.bagus.com atau yang lainnya. Mainkan kreatifitas sahabat di sini. Bebaskan imanjinasi sahabat. Okelah, lanjut, jika sahabat ingin membuat web/blog sebuah perusahaan, maka sebaiknya sahabat gunakan saja nama perusahaan atau instansi terkait, misalnya saja nama perusahaannya CV. DINNAILA MAKMUR yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial. Maka sahabat tidak perlu memaksakan menggunakan nama domain pendidikan dan sosial, cukup gunakan nama perusahaannya saja. Contoh: www.dinnaila-makmur.com Demikian posting Tips Menentukan Nama Domain, jika sahabat butuh jasa pembuatan website atau blog bisa menghubungi saya dengan alamat email: anjarpujiyanti@yahoo.com. Atau sekedar sharing dunia blogging dengan senang hati. Semoga bermanfaat, Salam Semangat! Tulisan ini saya tulis karena terinspirasi tulisannya N-da.

1 komentar: