Jumat, 16 Maret 2012

Tetap Happy Saat Menstruasi



Sebuah kantor di kota Solo, mbak Marsanda tiba. Wajahnya tak menyenangkan bak kertas ditekuk-tekuk. Tanpa sapa kanan kiri ia langsung duduk di meja kerjanya. Tiba-tiba marah sendiri tanpa sebab yang jelas, melihat meja kerja berantakan saja jadinya sentisif. “Mbak Marsanda itu pasti lagi dapet”, bisik salah satu teman kantornya kepada teman yang lain.
“Iya, uring-uringan terus, kan tanggal 15”, temannya membalas membisik.

Judul posting tulisan ini saya meminjam judul bukunya mbak Deasylawati. Ya begitulah salah satu contoh fenomena ketika si merah datang, bawaannya emosian melulu. Orang yang sering berinteraksi sampai hafal.

Ada sebuah pertanyaan dari seorang wanita,
 “Kenapa ya kalo menjelang menstruasi bawaannya juteeekkk mulu....?”
Waktu SMA saya pernah baca sebuah artikel tentang menstruasi, di artikel tersebut disebutkan ada istilah PMS (Pre Menstruasi Sindrome) atau sindrom sebelum datangnya menstruasi. Biasanya ditandai dengan perut mulas, nyeri, dan pinggang pegal. Ada beberapa kasus payudara mengencang. Dan memang terkadang bad mood. Ada yang mengalami hal ini berlangsung sampai hari pertama sampai hari ketiga saat menstruasi.

Apakah Sahabat mengalami hal yang sama? Pada posting kali ini saya akan berbagi tips ampuh supaya tetap happy saat menstruasi. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1.      Menjaga pola makan saat menstruasi, caranya adalah hindari kafein, cukupi kalsium, kurangi garam, makan makanan kaya magnesium seperti buncis, tahu, dan kacang bisa menjadi penawarnya. Selain itu konsumsi air putih dan vitamin, vitamin C dan zinc yang mendukung kesehatan reproduksi telur pada perempuan.  Ada pakar yang bilang bersahabat dengan cokelat karena mengandung antioksidan tinggi sehingga mendukung good mood.
2.      Bagi yang moslem, saat menstruasi dilarang sholat, tidak ada komunikasi langsung dengan Alloh SWT. Nah, hal inilah yang bisa membuat hati terasa gersang. Kalau dah gitu syetan mudah sekali menggoda, dari belakang, depan, samping, atas, kanan, dan kiri. Tipsnya adalah tetap menjaga kondisi hati agar tidak gersang. Caranya adalah bisa membaca buku-buku islami, berdoa sebelum mengawali dan mengakhiri setiap aktivitas, dzikir juga mungkin bisa dilakukan.
3.       Menjaga kebersihan diri, khususnya daerah miss V. Tujuannya adalah agar tetap bersih dari kuman dan tidak berbau. Jangan menggunakan pembalut terlalu lama, segera ganti dan bersihkan.
4.      Jangan biasakan membuang pembalut dalam keadaan kotor. Bersihkan pembalut yang sudah dipakai dengan menyiram air. Kemudian lipat, bungkus, dan buanglah ke tempat sampah. Jangan lupa segera cuci tangan pakai sabun.
5.      Pastikan setelah buang air kecil dan buang air besar daerah miss V tidak lembab, usahakan tetap kering.
6.      Lakukan olaharaga ringan.
7.      Menanamkan dan meniatkan pada diri agar bersungguh-sungguh menjaga amarah saat menstruasi. Karena orang yang kuat adalah bukan pemenang adu gulat, orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan amarahnya.

Sahabat, bukan berarti kita tidak boleh marah sama sekali. Memang orang yang tidak pernah marah diibaratkan sebagai keledai. Tapi marah yang realistis dan proporsional, misalnya kita boleh marah saat melihat kebatilan. Wah marah saja ada aturannya, luar biasa aturan Sang Pencipta. Meski begitu, bukan berarti kita harus banyak marah-marah lo!
Demikian sahabat, posting kali ini. Semoga tetap happy saat menstruasi. Bye…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar